Search
Search

Cara Mengatasi Ghost Touch pada Hp yang Ampuh dan Mudah

mengatasi ghost touch pada Hp

Masafif – Ghost touch adalah fenomena yang terjadi ketika layar sentuh Hp bergerak sendiri tanpa disentuh oleh pengguna. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika Anda sedang melakukan aktivitas penting di Hp Anda.

Ghost touch bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari sisi hardware maupun software. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ghost touch pada Hp Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Bersihkan Layar Hp Anda

Salah satu penyebab umum dari ghost touch adalah adanya kotoran, debu, atau cairan yang menempel di permukaan layar Hp Anda. Hal ini bisa mengganggu sensitivitas layar dan membuatnya merespons sentuhan yang tidak ada.

Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan layar Hp Anda dengan kain lembut yang bersih dan kering. Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol atau bahan kimia lainnya, karena bisa merusak lapisan pelindung layar.

Jika layar Hp Anda terkena air atau cairan lainnya, segera keringkan dengan kain atau tisu, dan jangan nyalakan Hp Anda sampai layar benar-benar kering.

Baca Juga : Menghapus Cache Youtube

2. Restart atau Reset Hp Anda

Jika membersihkan layar tidak membantu, maka kemungkinan penyebab ghost touch adalah adanya gangguan software atau bug pada sistem operasi Hp Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melakukan restart atau reset Hp Anda.

Restart adalah proses mematikan dan menyalakan kembali Hp Anda, tanpa menghapus data atau pengaturan yang ada. Restart bisa membantu memperbaiki masalah sementara atau minor yang terjadi pada Hp Anda. Untuk melakukan restart, Anda bisa menekan dan menahan tombol power sampai muncul pilihan untuk mematikan atau restart Hp Anda, lalu pilih restart.

Reset adalah proses mengembalikan Hp Anda ke kondisi awal atau pabrik, dengan menghapus semua data dan pengaturan yang ada. Reset bisa membantu memperbaiki masalah yang lebih serius atau permanen yang terjadi pada Hp Anda.

Namun, sebelum melakukan reset, pastikan Anda sudah membackup data penting Anda, seperti foto, video, kontak, dan lainnya. Untuk melakukan reset, Anda bisa masuk ke menu pengaturan Hp Anda, lalu cari pilihan untuk reset atau kembalikan ke pabrik, dan ikuti instruksinya.

Baca Juga : Mengatasi Masalah Update Windows 10 yang Gagal

3. Gunakan Charger Asli atau Berkualitas

Penyebab lain dari ghost touch adalah penggunaan charger yang tidak asli atau berkualitas rendah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi Hp Anda bisa menyebabkan output daya yang tidak stabil atau terlalu tinggi, yang bisa mengganggu kinerja layar sentuh Hp Anda.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menggunakan charger asli atau berkualitas yang sesuai dengan Hp Anda. Jangan menggunakan charger yang rusak, bocor, atau panas berlebihan. Jika Anda tidak yakin dengan charger yang Anda gunakan, sebaiknya lepaskan charger saat menggunakan Hp Anda, atau gunakan power bank yang aman dan terpercaya.

4. Periksa Pelindung Layar atau Casing Hp Anda

Pelindung layar atau casing Hp yang Anda gunakan juga bisa menjadi penyebab ghost touch, terutama jika pelindung layar atau casing tersebut tidak pas, terlalu tebal, atau terlalu kotor. Pelindung layar atau casing yang tidak pas bisa menekan layar Hp Anda dan membuatnya merespons sentuhan yang tidak ada.

Pelindung layar atau casing yang terlalu tebal bisa mengurangi sensitivitas layar Hp Anda dan membuatnya tidak merespons sentuhan Anda dengan baik. Pelindung layar atau casing yang terlalu kotor bisa menimbulkan kotoran atau debu yang bisa mengganggu layar Hp Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memilih pelindung layar atau casing yang sesuai dengan ukuran, bentuk, dan jenis layar Hp Anda. Anda juga harus rutin membersihkan pelindung layar atau casing Anda dari kotoran atau debu.

5. Kalibrasi Layar Sentuh Hp Anda

Kalibrasi adalah proses menyesuaikan layar sentuh Hp Anda dengan sentuhan Anda, agar lebih akurat dan responsif. Jika layar sentuh Hp Anda tidak terkalibrasi dengan baik, maka bisa terjadi ghost touch atau sentuhan yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba melakukan kalibrasi layar sentuh Hp Anda. Cara melakukan kalibrasi bisa berbeda-beda tergantung dari merek dan model Hp Anda, namun umumnya Anda bisa menemukan pilihan untuk kalibrasi di menu pengaturan Hp Anda, lalu cari pilihan untuk layar sentuh, dan ikuti instruksinya. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengetuk beberapa titik yang muncul di layar Hp Anda, sampai proses kalibrasi selesai.

6. Periksa Kesehatan Baterai Hp Anda

Baterai yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab ghost touch pada Hp Anda. Baterai yang bocor, mengembang, atau rusak bisa menyebabkan tegangan yang tidak stabil atau terlalu tinggi, yang bisa mengganggu kinerja layar sentuh Hp Anda.

Oleh karena itu, Anda harus selalu memeriksa kesehatan baterai Hp Anda, dan menggantinya jika sudah tidak layak pakai. Anda juga harus menjaga baterai Hp Anda agar tidak terlalu panas, terlalu kering, atau terlalu basah. Anda juga harus menghindari penggunaan Hp Anda saat sedang di-charge, karena bisa meningkatkan suhu baterai dan layar Hp Anda.

7. Bawa Hp Anda ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar penyebab ghost touch pada Hp Anda adalah kerusakan hardware, seperti layar, motherboard, atau komponen lainnya. Kerusakan hardware bisa disebabkan oleh benturan, jatuh, atau paparan air atau cairan lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus membawa Hp Anda ke service center resmi atau tempat servis yang terpercaya, dan biarkan ahlinya memeriksa dan memperbaiki Hp Anda. Jangan mencoba membongkar atau memperbaiki Hp Anda sendiri, karena bisa memperparah kerusakan atau menghilangkan garansi Hp Anda.

Demikian cara mengatasi ghost touch pada Hp. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah yang Anda alami.

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac
Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan
5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android
Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp
Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia
Fenomena Makan Tabungan, Apa Itu?
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget yang Efektif dan Mudah Dilakukan
Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer