Search
Search

Mengenal Semua Fitur Yang Ada Di Kamera DSLR

fitur kamera dlsr

Masafif – Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah jenis kamera yang paling populer dan banyak digunakan oleh para fotografer profesional maupun pemula. Kamera DSLR memiliki keunggulan dalam hal kualitas gambar, fleksibilitas lensa, dan kontrol manual yang lebih luas.

Namun, untuk bisa memanfaatkan kamera DSLR secara optimal, Anda perlu mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya dan bagaimana cara menggunakannya. Berikut adalah beberapa fitur utama yang ada di kamera DSLR dan fungsinya.

Continous Shoot

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto secara terus-menerus dengan kecepatan tertentu, misalnya 4 frame per detik, 5 frame per detik, atau lebih. Fitur ini sangat berguna untuk menangkap objek yang bergerak cepat, seperti olahraga, satwa liar, atau jurnalistik.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mengatur mode drive pada kamera Anda menjadi continous atau burst. Anda juga perlu memastikan bahwa kartu memori Anda cukup besar dan cepat untuk menyimpan foto-foto yang Anda ambil.

Dioptri Viewfinder

Fitur ini berfungsi untuk mengatur jarak pandang viewfinder, yaitu bagian kamera yang Anda gunakan untuk melihat objek yang akan Anda foto. Fitur ini mirip dengan fungsi zoom, tetapi bukan untuk memperbesar atau memperkecil objek, melainkan untuk menyesuaikan viewfinder dengan kondisi mata Anda. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan, seperti rabun jauh atau rabun dekat.

Untuk mengatur fitur ini, Anda perlu menemukan roda dioptri yang biasanya terletak di samping viewfinder, lalu putar roda tersebut hingga Anda melihat gambar yang jelas dan tajam di viewfinder.

Light Meter

Fitur ini berfungsi untuk mengukur seberapa banyak cahaya yang masuk ke sensor kamera Anda. Fitur ini sangat penting untuk menentukan eksposur yang tepat, yaitu kombinasi antara aperture, shutter speed, dan ISO. Fitur ini biasanya ditampilkan dalam bentuk skala atau grafik di viewfinder atau layar LCD, dengan indikator yang menunjukkan apakah foto Anda terlalu gelap, terlalu terang, atau pas.

Untuk mengatur fitur ini, Anda perlu mengubah mode eksposur pada kamera Anda menjadi manual, aperture priority, shutter priority, atau program. Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi cahaya, seperti sumber cahaya, waktu, dan cuaca.

Framing Grid

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan garis-garis horizontal dan vertikal di viewfinder atau layar LCD, yang membantu Anda untuk menyusun komposisi foto Anda. Fitur ini sangat berguna untuk mengikuti aturan-aturan fotografi, seperti aturan sepertiga, aturan emas, atau aturan simetri. Fitur ini juga membantu Anda untuk menjaga agar garis horizon atau objek lainnya tetap lurus dan seimbang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mencari menu display atau grid pada kamera Anda, lalu pilih jenis grid yang Anda inginkan, misalnya 3×3, 6×4, atau crosshair.

Built-In Image Stabilization

Fitur ini berfungsi untuk mengurangi getaran atau goyangan yang terjadi saat Anda memegang kamera, yang bisa menyebabkan foto Anda menjadi blur atau kabur. Fitur ini bisa berupa sistem mekanis yang ada di dalam body kamera, atau sistem optik yang ada di dalam lensa. Fitur ini sangat berguna saat Anda menggunakan shutter speed yang lambat, zoom yang tinggi, atau kondisi cahaya yang kurang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mencari tombol atau saklar yang bertuliskan IS, VR, OS, atau sejenisnya, baik di body kamera atau di lensa, lalu tekan atau geser tombol atau saklar tersebut ke posisi on.

Jendela Bidik

Fitur ini adalah fitur utama yang membedakan kamera DSLR dengan kamera lainnya. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan gambar yang sama persis dengan apa yang dilihat oleh lensa, tanpa ada perbedaan atau penundaan.

Fitur ini menggunakan sistem cermin dan prisma yang ada di dalam body kamera, yang mengalihkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Fitur ini memberikan Anda keuntungan dalam hal akurasi, realisme, dan responsivitas.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menempelkan mata Anda ke viewfinder, lalu atur fokus, eksposur, dan komposisi foto Anda.

Itulah beberapa fitur yang ada di kamera DSLR dan fungsinya. Dengan mengetahui fitur-fitur ini, Anda bisa lebih mudah dan lebih kreatif dalam mengambil foto dengan kamera DSLR. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac
Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan
5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android
Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp
Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia
Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer