Search
Search

Servis Motor Rutin Untuk Performa Motor Yang Optimal

servis motor rutin

Masafif – Servis motor rutin adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap pemilik motor. Servis motor rutin dapat membantu menjaga kondisi motor agar tetap prima, menghindari kerusakan yang lebih parah, dan meningkatkan keselamatan berkendara. Selain itu, servis motor rutin juga dapat menghemat biaya perawatan dan bahan bakar, serta memperpanjang umur mesin motor.

Namun, banyak orang yang masih bingung atau malas untuk melakukan servis motor rutin. Padahal, servis motor rutin tidaklah sulit atau mahal, asalkan kita tahu bagaimana caranya dan apa saja yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips dan manfaat dari servis motor rutin, serta bagian-bagian motor yang wajib dicek saat servis.

Tips Servis Motor Rutin

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kita dalam melakukan servis motor rutin:

Tentukan jadwal servis motor rutin

Ada dua cara untuk menentukan jadwal servis motor rutin, yaitu berdasarkan waktu atau jarak tempuh. Menurut laman Astra Motor, motor yang rutin digunakan untuk aktivitas sehari-hari, harus rutin dibawa ke bengkel untuk dilakukan servis setiap dua atau tiga bulan sekali. Sedangkan berdasarkan jarak tempuh, servis motor rutin disarankan untuk dilakukan setiap 2.000 hingga 3.000 kilometer. Pilihlah jadwal yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kita.

Pilih bengkel yang terpercaya

Untuk mendapatkan hasil servis motor rutin yang maksimal, kita harus memilih bengkel yang terpercaya dan profesional. Kita bisa memilih bengkel resmi dari merek motor kita, atau bengkel umum yang memiliki reputasi baik. Pastikan juga bahwa bengkel yang kita pilih memiliki peralatan yang lengkap dan berkualitas, serta mekanik yang berpengalaman dan ramah.

Baca Juga : Membeli Motor Bekas yang Berkualitas, ini Panduan Lengkapnya

Periksa bagian-bagian motor yang penting

Saat melakukan servis motor rutin, ada beberapa bagian motor yang wajib dicek dan dirawat, agar performa motor tetap optimal. Bagian-bagian motor yang perlu diperhatikan adalah:

1. Oli mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pelindung, dan pendingin mesin motor. Oli mesin harus diganti secara berkala, sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi dari produsen motor. Pemilihan oli mesin yang baik juga harus disesuaikan dengan jenis motor, baik itu motor kopling kering (matic) atau kopling basah (sport atau bebek). Selain itu, kita juga harus memperhatikan tingkat viskositas dan bahan dasar oli mesin, apakah mineral, semi sintetis, atau full sintetis.

2. Busi

Busi adalah komponen yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. Busi harus memiliki kondisi yang baik, agar proses pembakaran berjalan lancar dan efisien. Busi harus dibersihkan dan diperiksa secara rutin, dan diganti jika sudah aus atau rusak. Tanda-tanda busi yang bermasalah adalah motor sulit distarter, mesin sering mati, atau konsumsi bahan bakar yang boros.

3. Filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin, agar bebas dari debu dan kotoran. Filter udara harus dibersihkan dan diganti secara berkala, agar aliran udara tetap lancar dan tidak mengganggu proses pembakaran. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan mesin menjadi brebet, loyo, atau boros bahan bakar.

4. Karburator atau injektor

Karburator atau injektor adalah komponen yang mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin. Karburator atau injektor harus dibersihkan dan disetel secara rutin, agar campuran bahan bakar dan udara tetap ideal dan sesuai dengan kondisi mesin. Karburator atau injektor yang kotor atau tidak teratur dapat menyebabkan mesin menjadi ngelitik, brebet, atau boros bahan bakar.

5. Rantai roda atau drive belt

Rantai roda atau drive belt adalah komponen yang menghubungkan gir depan dan belakang, dan mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda. Rantai roda atau drive belt harus diperiksa dan dilumasi secara rutin, agar tidak kendor, kencang, atau aus. Rantai roda atau drive belt yang bermasalah dapat menyebabkan motor menjadi berisik, bergetar, atau bahkan putus.

6. Rem

Rem adalah komponen yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan motor. Rem harus diperiksa dan diganti secara rutin, agar tidak aus, macet, atau bocor. Rem yang bermasalah dapat menyebabkan motor menjadi tidak stabil, sulit dikendalikan, atau bahkan menimbulkan kecelakaan.

7. Ban

Ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, dan berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Ban harus diperiksa dan diganti secara rutin, agar tidak botak, bocor, atau pecah. Ban yang bermasalah dapat menyebabkan motor menjadi licin, goyang, atau bahkan tergelincir.

8. Lampu, sen, dan klakson

Lampu, sen, dan klakson adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan sinyal dan komunikasi kepada pengendara lain di jalan. Lampu, sen, dan klakson harus diperiksa dan diganti secara rutin, agar tidak mati, redup, atau rusak. Lampu, sen, dan klakson yang bermasalah dapat menyebabkan motor menjadi tidak terlihat, salah paham, atau bahkan ditilang.

Baca Juga : Cek 7 Hal Ini Pada Mobil Anda Sebelum Liburan Akhir Tahun

Manfaat Servis Motor Rutin

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan jika kita melakukan servis motor rutin:

Meningkatkan performa motor

Servis motor rutin dapat membantu menjaga kondisi mesin motor agar tetap prima dan optimal. Dengan servis motor rutin, kita dapat menghindari masalah-masalah yang dapat mengganggu kinerja motor, seperti mesin brebet, ngelitik, boros bahan bakar, atau overheat. Servis motor rutin juga dapat membantu meningkatkan akselerasi, kecepatan, dan daya tahan motor.

Menghemat biaya perawatan dan bahan bakar

Servis motor rutin dapat membantu menghemat biaya perawatan dan bahan bakar yang kita keluarkan. Dengan servis motor rutin, kita dapat mencegah kerusakan-kerusakan yang lebih parah dan mahal, yang dapat menguras kantong kita. Servis motor rutin juga dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar yang kita butuhkan, sehingga kita dapat menghemat pengeluaran untuk bensin atau solar.

Memperpanjang umur mesin motor

Servis motor rutin dapat membantu memperpanjang umur mesin motor yang kita miliki. Dengan servis motor rutin, kita dapat menjaga kesehatan dan keawetan mesin motor, sehingga tidak mudah aus atau rusak. Servis motor rutin juga dapat membantu menjaga nilai jual motor, jika suatu saat kita ingin menjualnya.

Meningkatkan keselamatan berkendara

Servis motor rutin dapat membantu meningkatkan keselamatan berkendara yang kita lakukan. Dengan servis motor rutin, kita dapat memastikan bahwa semua komponen motor berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan. Servis motor rutin juga dapat membantu meningkatkan keamanan dalam perjalanan dan terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan.

Meningkatkan kenyamanan berkendara

Servis motor rutin dapat membantu meningkatkan kenyamanan berkendara yang kita rasakan. Dengan servis motor rutin, kita dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan atau kerusakan pada motor saat kita sedang berkendara. Servis motor rutin juga dapat membantu mengurangi kebisingan, getaran, atau panas yang ditimbulkan oleh motor. Dengan demikian, kita dapat berkendara dengan lebih nyaman dan santai.

Servis motor rutin adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap pemilik motor. Servis motor rutin dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan performa, menghemat biaya, memperpanjang umur, meningkatkan keselamatan, dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Servis motor rutin juga tidaklah sulit atau mahal, asalkan kita tahu bagaimana caranya dan apa saja yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, mari kita jadikan servis motor rutin sebagai kebiasaan yang baik, agar motor kita tetap sehat dan awet.

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac

Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan

5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android

Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp

Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal

10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia

Fenomena Makan Tabungan, Apa Itu?

Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer