Search
Search

15 Website Terbaik untuk Belajar Pemrograman Secara Online dan Gratis

website belajar pemrograman

Masafif – Pemrograman adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Dengan mempelajari pemrograman, Anda dapat membuat aplikasi, website, game, dan berbagai produk digital lainnya yang dapat memudahkan hidup Anda dan orang lain. Selain itu, pemrograman juga dapat membuka peluang karier yang menjanjikan di bidang teknologi.

Namun, belajar pemrograman tidaklah mudah. Anda perlu memahami berbagai konsep, sintaks, logika, dan algoritma yang terkait dengan bahasa pemrograman yang Anda pilih. Anda juga perlu banyak berlatih dan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang muncul saat Anda membuat program.

Untungnya, ada banyak website yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara online dan gratis. Website-website ini menawarkan berbagai materi, tutorial, latihan, dan proyek yang dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan pemrograman Anda. Anda dapat memilih website yang sesuai dengan minat, tujuan, dan tingkat kemampuan Anda.

Berikut adalah 15 website terbaik untuk belajar pemrograman secara online dan gratis yang dapat Anda kunjungi:

1. Codecademy

Codecademy adalah salah satu website belajar pemrograman yang paling populer dan banyak direkomendasikan. Website ini menawarkan berbagai kursus interaktif yang membantu Anda mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, JavaScript, HTML, CSS, Java, Ruby, dan lainnya.

Codecademy juga menyediakan platform yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan menguji kode Anda secara langsung di browser. Anda juga dapat mendapatkan umpan balik, petunjuk, dan solusi jika Anda mengalami kesulitan. Selain itu, Anda dapat mengakses forum komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Codecademy cocok untuk pemula yang ingin memulai belajar pemrograman dari dasar. Anda dapat mengikuti kursus yang disesuaikan dengan tujuan Anda, seperti membuat website, aplikasi, game, atau data science. Anda juga dapat memperoleh sertifikat yang dapat menambah nilai Anda di mata pemberi kerja.

2. Coursera

Coursera adalah platform online yang menyediakan ratusan kursus pemrograman yang dibuat oleh universitas dan lembaga terkemuka di dunia, seperti Stanford, MIT, Google, IBM, dan lainnya. Anda dapat mempelajari berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, machine learning, artificial intelligence, dan lainnya.

Coursera menawarkan pengajaran yang interaktif, materi pembelajaran yang kualitatif, serta tugas dan proyek praktis yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara efektif. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri jika Anda menyelesaikan kursus dengan baik.

Coursera cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan keahlian teknologi dan belajar pemrograman dengan mudah dan terjangkau. Anda dapat mengakses kursus secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda. Anda juga dapat memilih kursus yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat Anda.

3. W3Schools

W3Schools adalah website yang berfokus pada pemrograman web. Website ini menyediakan tutorial, referensi, dan contoh yang dapat membantu Anda mempelajari HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan berbagai teknologi web lainnya. Anda juga dapat mencoba kode Anda secara langsung di editor online yang disediakan oleh website ini.

W3Schools juga menyediakan berbagai kuis, latihan, dan sertifikat yang dapat membantu Anda menguji dan meningkatkan keterampilan pemrograman web Anda. Anda juga dapat mengakses forum komunitas yang dapat membantu Anda mendapatkan bantuan dan saran dari pengguna lain.

W3Schools cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman web dari dasar hingga lanjutan. Website ini menyajikan materi yang mudah dipahami, lengkap, dan terbaru. Anda juga dapat mengakses website ini secara gratis dan tanpa perlu mendaftar.

4. CodeWars

CodeWars adalah website yang menawarkan latihan pemrograman yang menantang dan menyenangkan. Di website ini, Anda dapat memilih tantangan pemrograman dari berbagai level kesulitan dan bahasa pemrograman. Anda juga dapat menulis, menjalankan, dan mengirimkan solusi Anda secara online.

CodeWars juga menyediakan sistem peringkat dan medali yang dapat membantu Anda melacak kemajuan dan prestasi Anda. Anda juga dapat melihat solusi dari pengguna lain dan mempelajari cara-cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama. Selain itu, Anda dapat bergabung dengan komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

CodeWars cocok untuk Anda yang ingin melatih dan meningkatkan keterampilan pemrograman Anda dengan cara yang seru dan kompetitif. Website ini dapat membantu Anda mempelajari berbagai teknik, algoritma, dan best practice yang dapat membuat kode Anda lebih efisien dan elegan.

5. freeCodeCamp

freeCodeCamp adalah website yang menyediakan kurikulum pemrograman yang komprehensif dan gratis. Website ini menawarkan berbagai kursus yang membahas topik-topik seperti web development, data science, machine learning, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, dan lainnya.

freeCodeCamp juga menyediakan berbagai proyek yang dapat membantu Anda menerapkan keterampilan pemrograman Anda dalam situasi nyata. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang dapat membuktikan kemampuan Anda. Selain itu, Anda dapat berkontribusi dalam proyek-proyek sosial yang dapat membantu organisasi nirlaba.

freeCodeCamp cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara mandiri dan gratis. Website ini menyediakan kurikulum yang terstruktur, berkualitas, dan terbaru. Anda juga dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda belajar bersama dengan pengguna lain.

6. CodeSignal

CodeSignal adalah website yang menyediakan platform untuk belajar, berlatih, dan menguji keterampilan pemrograman Anda. Website ini menawarkan berbagai tantangan pemrograman yang dapat membantu Anda mempelajari berbagai konsep, algoritma, dan teknik pemrograman. Anda juga dapat memilih bahasa pemrograman yang Anda sukai, seperti Python, Java, C++, dan lainnya.

CodeSignal juga menyediakan sistem skor dan peringkat yang dapat membantu Anda melacak kemajuan dan prestasi Anda. Anda juga dapat melihat solusi dari pengguna lain dan mempelajari cara-cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

CodeSignal cocok untuk Anda yang ingin belajar, berlatih, dan menguji keterampilan pemrograman Anda dengan cara yang menyenangkan dan kompetitif. Website ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, kompetisi pemrograman, atau sekadar menambah pengetahuan Anda.

7. Codepolitan

Codepolitan adalah website yang menyediakan berbagai sumber daya untuk belajar pemrograman dalam bahasa Indonesia. Website ini menyediakan berbagai artikel, tutorial, video, podcast, dan buku yang membahas berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, game development, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, Java, Kotlin, dan lainnya.

Codepolitan juga menyediakan berbagai kelas online yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara terstruktur dan mendalam. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang dapat menambah nilai Anda di mata pemberi kerja. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Codepolitan cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman dalam bahasa Indonesia. Website ini menyajikan materi yang mudah dipahami, lengkap, dan terbaru. Anda juga dapat mengakses website ini secara gratis dan tanpa perlu mendaftar.

8. Khan Academy

Khan Academy adalah website yang menyediakan berbagai kursus online yang berkualitas dan gratis. Website ini menawarkan berbagai topik yang berkaitan dengan pemrograman, seperti komputasi, algoritma, web development, game development, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, SQL, dan lainnya.

Khan Academy juga menyediakan platform yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan menguji kode Anda secara langsung di browser. Anda juga dapat mendapatkan umpan balik, petunjuk, dan solusi jika Anda mengalami kesulitan. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Khan Academy cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara interaktif dan gratis. Website ini menyajikan materi yang menarik, informatif, dan sesuai dengan kurikulum sekolah. Anda juga dapat mengakses website ini secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.

9. edX

edX adalah platform online yang menyediakan ratusan kursus pemrograman yang dibuat oleh universitas dan lembaga terkemuka di dunia, seperti Harvard, MIT, Microsoft, IBM, dan lainnya. Anda dapat mempelajari berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, data science, artificial intelligence, dan lainnya.

edX menawarkan pengajaran yang interaktif, materi pembelajaran yang kualitatif, serta tugas dan proyek praktis yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara efektif. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri jika Anda menyelesaikan kursus dengan baik.

edX cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan keahlian teknologi dan belajar pemrograman dengan mudah dan terjangkau. Anda dapat mengakses kursus secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda. Anda juga dapat memilih kursus yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat Anda.

10. Udemy

Udemy adalah platform online yang menyediakan ribuan kursus pemrograman yang dibuat oleh instruktur profesional dan berpengalaman. Anda dapat mempelajari berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, game development, machine learning, artificial intelligence, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, Java, C#, dan lainnya.

Udemy menawarkan pengajaran yang interaktif, materi pembelajaran yang kualitatif, serta tugas dan proyek praktis yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara efektif. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang dapat menambah nilai Anda di mata pemberi kerja. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Udemy cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara terstruktur dan mendalam. Website ini menyediakan kursus yang berkualitas, terbaru, dan terjangkau. Anda juga dapat mengakses website ini secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.

11. SoloLearn

SoloLearn adalah website yang menyediakan platform untuk belajar pemrograman secara online dan gratis. Website ini menawarkan berbagai kursus yang membantu Anda mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, Java, C++, dan lainnya.

SoloLearn juga menyediakan platform yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan menguji kode Anda secara langsung di browser. Anda juga dapat mendapatkan umpan balik, petunjuk, dan solusi jika Anda mengalami kesulitan. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

SoloLearn cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara online dan gratis. Website ini menyajikan materi yang mudah dipahami, lengkap, dan terbaru. Anda juga dapat mengakses website ini secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.

12. HackerRank

HackerRank adalah website yang menyediakan platform untuk belajar, berlatih, dan menguji keterampilan pemrograman Anda. Website ini menawarkan berbagai tantangan pemrograman yang dapat membantu Anda mempelajari berbagai konsep, algoritma, dan teknik pemrograman. Anda juga dapat memilih bahasa pemrograman yang Anda sukai, seperti Python, Java, C++, dan lainnya.

HackerRank juga menyediakan sistem skor dan peringkat yang dapat membantu Anda melacak kemajuan dan prestasi Anda. Anda juga dapat melihat solusi dari pengguna lain dan mempelajari cara-cara yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

HackerRank cocok untuk Anda yang ingin belajar, berlatih, dan menguji keterampilan pemrograman Anda dengan cara yang menyenangkan dan kompetitif. Website ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, kompetisi pemrograman, atau sekadar menambah pengetahuan Anda.

13. CodinGame

CodinGame adalah website yang menyediakan platform untuk belajar pemrograman dengan cara yang seru dan menyenangkan. Di website ini, Anda dapat memilih berbagai game yang dapat membantu Anda mempelajari berbagai konsep, algoritma, dan teknik pemrograman. Anda juga dapat memilih bahasa pemrograman yang Anda sukai, seperti Python, Java, C++, dan lainnya.

CodinGame juga menyediakan platform yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, dan menguji kode Anda secara langsung di browser. Anda juga dapat mendapatkan umpan balik, petunjuk, dan solusi jika Anda mengalami kesulitan. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

CodinGame cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman dengan cara yang seru dan menyenangkan. Website ini dapat membantu Anda mempelajari pemrograman sambil bermain game. Anda juga dapat mengikuti berbagai kompetisi dan tantangan yang dapat meningkatkan keterampilan dan prestasi Anda.

14. Udacity

Udacity adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus pemrograman yang berkualitas dan terjangkau. Website ini menawarkan berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, data science, artificial intelligence, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, Java, Kotlin, dan lainnya.

Udacity menawarkan pengajaran yang interaktif, materi pembelajaran yang kualitatif, serta tugas dan proyek praktis yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara efektif. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri jika Anda menyelesaikan kursus dengan baik. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Udacity cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara terstruktur dan mendalam. Website ini menyediakan kursus yang berkualitas, terbaru, dan terjangkau. Anda juga dapat mengakses website ini secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.

15. Pluralsight

Pluralsight adalah platform online yang menyediakan berbagai kursus pemrograman yang berkualitas dan terjangkau. Website ini menawarkan berbagai topik pemrograman, seperti web development, mobile development, game development, data science, artificial intelligence, dan lainnya. Anda juga dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, JavaScript, Python, Java, C#, dan lainnya.

Pluralsight menawarkan pengajaran yang interaktif, materi pembelajaran yang kualitatif, serta tugas dan proyek praktis yang dapat membantu Anda belajar pemrograman secara efektif. Anda juga dapat mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri jika Anda menyelesaikan kursus dengan baik. Selain itu, Anda dapat mengakses komunitas yang dapat membantu Anda berdiskusi dan berbagi pengetahuan dengan pengguna lain.

Pluralsight cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman secara terstruktur dan mendalam. Website ini menyediakan kursus yang berkualitas, terbaru, dan terjangkau. Anda juga dapat mengakses website ini secara online dan fleksibel sesuai dengan jadwal Anda.

Demikianlah 15 website terbaik untuk belajar pemrograman secara online dan gratis yang dapat Anda kunjungi. Semoga dapat membantu Anda menemukan website yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Selamat belajar pemrograman dan semoga sukses!

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac

Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan

5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android

Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp

Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal

10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia

Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer