Search
Search

10 Trik Google Maps yang Wajib Anda Ketahui

10 trik google maps

Masafif – Google Maps adalah aplikasi yang sangat berguna untuk membantu Anda menemukan lokasi, menavigasi rute, dan mengeksplorasi tempat-tempat menarik di sekitar Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa Google Maps memiliki banyak fitur tersembunyi yang bisa membuat pengalaman Anda lebih seru dan mudah? Berikut adalah 10 trik Google Maps yang wajib Anda ketahui.

1. Menggunakan mode penyamaran

Jika Anda tidak ingin Google Maps menyimpan riwayat lokasi dan pencarian Anda, Anda bisa menggunakan mode penyamaran. Mode ini akan membuat Anda tidak terlacak oleh Google dan tidak akan mempengaruhi rekomendasi pribadi Anda.

Untuk mengaktifkan mode penyamaran, Anda bisa mengetuk foto profil Anda di pojok kanan atas, lalu pilih Aktifkan mode penyamaran. Anda bisa menonaktifkannya dengan cara yang sama.

2. Menambahkan beberapa pemberhentian

Jika Anda ingin mampir ke beberapa tempat sebelum sampai di tujuan akhir Anda, Anda bisa menambahkan beberapa pemberhentian di Google Maps. Caranya, setelah Anda memasukkan lokasi asal dan tujuan, Anda bisa mengetuk tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Tambahkan pemberhentian. Anda bisa menambahkan hingga 9 pemberhentian dan mengatur urutannya sesuai keinginan Anda.

3. Mengetahui kecepatan dan batas kecepatan

Google Maps juga bisa memberi tahu Anda kecepatan kendaraan Anda dan batas kecepatan di jalan yang Anda lalui. Fitur ini sangat berguna untuk menghindari pelanggaran lalu lintas dan menjaga keselamatan Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan navigasi, dan aktifkan opsi Tampilkan kecepatan dan Tampilkan batas kecepatan.

4. Mengedit informasi bisnis

Jika Anda memiliki bisnis atau tempat yang terdaftar di Google Maps, Anda bisa mengedit informasi bisnis Anda melalui aplikasi. Anda bisa mengubah nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, kategori, foto, dan lain-lain.

Caranya, Anda bisa mengetuk tempat Anda di Google Maps, lalu pilih Sunting tempat. Anda juga bisa menambahkan informasi tambahan, seperti hidangan, pertanyaan, dan ulasan.

Baca Juga : Blogger, Platform Blogging Gratis Yang Masih Layak Dipertimbangkan

5. Menyimpan peta offline

Jika Anda khawatir kehabisan kuota atau sinyal saat menggunakan Google Maps, Anda bisa menyimpan peta offline untuk digunakan tanpa koneksi internet. Caranya, Anda bisa mengetuk foto profil Anda di pojok kanan atas, lalu pilih Peta offline. Anda bisa memilih area yang ingin Anda simpan, lalu mengetuk tombol Unduh. Anda bisa mengakses peta offline Anda di menu yang sama.

6. Menggunakan mode malam

Jika Anda ingin menghemat baterai atau mengurangi silau saat menggunakan Google Maps di malam hari, Anda bisa menggunakan mode malam. Mode ini akan membuat tampilan Google Maps menjadi gelap dan lebih nyaman untuk mata Anda.

Untuk mengaktifkan mode malam, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Tema, dan pilih Selalu gelap. Anda juga bisa memilih Sesuai dengan pengaturan perangkat untuk mengikuti mode malam perangkat Anda.

7. Menggunakan mode AR

Google Maps juga memiliki fitur yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) untuk membantu Anda menemukan arah dengan lebih mudah. Fitur ini akan menampilkan panah dan petunjuk di layar Anda yang sesuai dengan lingkungan nyata Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa mengetuk tombol Mulai AR di bagian bawah layar saat Anda berada di mode navigasi pejalan kaki.

8. Menggunakan mode satelit

Jika Anda ingin melihat peta dengan lebih detail dan realistis, Anda bisa menggunakan mode satelit. Mode ini akan menampilkan gambar satelit dari area yang Anda lihat di Google Maps. Anda juga bisa memperbesar dan memperkecil gambar untuk melihat lebih jelas. Untuk mengaktifkan mode satelit, Anda bisa mengetuk tombol lapisan di pojok kanan atas, lalu pilih Satelit.

9. Menggunakan mode jalur kereta

Jika Anda ingin bepergian dengan menggunakan kereta api, Anda bisa menggunakan mode jalur kereta. Mode ini akan menampilkan jalur kereta yang ada di area yang Anda lihat di Google Maps. Anda juga bisa mengetahui informasi tentang stasiun, jadwal, dan harga tiket. Untuk mengaktifkan mode jalur kereta, Anda bisa mengetuk tombol lapisan di pojok kanan atas, lalu pilih Jalur kereta.

10. Menggunakan mode sepeda

Jika Anda ingin bersepeda dengan menggunakan Google Maps, Anda bisa menggunakan mode sepeda. Mode ini akan menampilkan jalur sepeda yang ada di area yang Anda lihat di Google Maps. Anda juga bisa mengetahui informasi tentang jarak, waktu, dan tingkat kesulitan. Untuk mengaktifkan mode sepeda, Anda bisa mengetuk tombol lapisan di pojok kanan atas, lalu pilih Sepeda.

Google Maps adalah aplikasi yang sangat berguna untuk membantu Anda menemukan lokasi, menavigasi rute, dan mengeksplorasi tempat-tempat menarik di sekitar Anda. Namun, Google Maps juga memiliki banyak fitur tersembunyi yang bisa membuat pengalaman Anda lebih seru dan mudah.

Dengan mengetahui 10 trik Google Maps yang telah kami jelaskan di atas, Anda bisa menggunakan Google Maps dengan lebih optimal dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac
Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan
5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android
Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp
Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia
Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer