Search
Search

Xiaomi HyperOS: Antarmuka Baru yang Mengubah Pengalaman Ekosistem Xiaomi

 

Xiaomi HyperOS

Masafif – Xiaomi, salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, baru-baru ini mengumumkan antarmuka baru yang akan menggantikan MiUI, yaitu HyperOS. Antarmuka ini diklaim sebagai hasil dari pengembangan selama enam tahun, yang bertujuan untuk menyatukan semua perangkat ekosistem Xiaomi menjadi satu sistem terintegrasi.

HyperOS menawarkan kinerja optimal, pengalaman pengguna yang konsisten, dan konektivitas tanpa batas. Apa saja keunggulan HyperOS dan perangkat apa saja yang bisa menikmatinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Teknologi Inti: Linux dan Xiaomi Vela

Inti dari Xiaomi HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. Lapisan dasar Xiaomi HyperOS mendukung lebih dari 200 platform prosesor dan lebih dari 20 sistem file standar, mencakup ratusan jenis perangkat dan ribuan SKU.

Menurut Xiaomi, hal ini memungkinkan HyperOS bekerja secara efisien dengan berbagai perangkat, berapa pun ukuran RAM-nya. Kisaran ukuran RAM perangkat yang kompatibel dengan HyperOS, kata Xiaomi, mulai paling kecil 64KB hingga paling besar 24GB. Xiaomi HyperOS diklaim ringan karena firmware sistem pada ponsel cerdas hanya menempati 8,75 GB¹.

HyperConnect: Konektivitas Tanpa Batas

Untuk misi konektivitas tanpa batas, Xiaomi mengusung teknologi HyperConnect. Teknologi ini memungkinkan memberi pengguna kendali atas semua perangkat yang terhubung dari mana saja. HyperConnect memanfaatkan protokol komunikasi HyperMesh yang dapat menghubungkan perangkat secara otomatis, tanpa perlu konfigurasi manual.

HyperConnect juga mendukung protokol komunikasi lain seperti Bluetooth, Wi-Fi, Zigbee, dan NFC. Dengan HyperConnect, pengguna bisa mengontrol perangkat smart home, mobil, dan lainnya dari ponsel, jam tangan, atau TV mereka¹.

Tampilan Baru: Lebih Minimalis dan Modern

Tampilan antarmuka HyperOS juga mengalami perubahan signifikan dari MiUI. HyperOS menawarkan lebih banyak opsi pengaturan atau penyesuaian untuk layar kunci ponsel. Ada sejumlah template layar kunci, beberapa opsi jam, font, widget hingga wallpaper yang bisa dimodif pengguna.

Panel kontrol atau disebut Control Center di HyperOS sekilas mirip seperti MiUI 14. Hanya saja, tata letaknya dibuat lebih padat dan ringkas. Aneka ikon tombol di Control Center HyperOS dibuat lebih ringkas tanpa keterangan teks seperti di MiUI 14. Alhasil, tampilannya terlihat lebih minimalis.

Tampilan aneka tombolnya juga dipusatkan di satu tampilan utama, dengan opsi menggeser layar ke bawah untuk menampilkan semua tombol. Konsep ini mirip seperti di iOS, tetapi berbeda dengan MiUI 14 yang memungkinkan pengguna menggeser Control Center ke samping, untuk menjangkau tombol lainnya. HyperOS juga menyediakan tombol kontrol musik di tampilan atas Control Center².

Perangkat yang Didukung: Xiaomi 14 Series dan Lainnya

Perangkat pertama yang dilengkapi antarmuka HyperOS secara bawaan (pre-installed) adalah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro. Kedua ponsel ini merupakan flagship terbaru dari Xiaomi yang memiliki spesifikasi kelas atas, seperti prosesor Snapdragon 898, layar AMOLED 120Hz, kamera belakang 108MP dengan lensa Leica, dan baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 120W.

Selain itu, HyperOS juga hadir di Xiaomi Watch S3, Xiaomi TV S Pro 85-inch MiniLED TV, dan perangkat lainnya. Xiaomi juga berencana untuk menghadirkan HyperOS versi global pada awal tahun depan, dengan daftar perangkat yang akan mendapatkannya sebagai berikut³:

  • Xiaomi 13
  • Xiaomi 13 Pro
  • Xiaomi 13 Ultra
  • Xiaomi 13T
  • Xiaomi 13T Pro
  • Xiaomi 13 Lite
  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12 Ultra

Xiaomi HyperOS adalah antarmuka baru yang mengubah pengalaman ekosistem Xiaomi. Antarmuka ini menawarkan kinerja optimal, pengalaman pengguna yang konsisten, dan konektivitas tanpa batas. HyperOS dibangun dengan teknologi inti Linux dan Xiaomi Vela, serta fitur HyperConnect yang memungkinkan pengguna mengontrol semua perangkat yang terhubung dari mana saja.

HyperOS juga memiliki tampilan baru yang lebih minimalis dan modern, serta didukung oleh berbagai perangkat, terutama Xiaomi 14 series yang merupakan flagship terbaru dari Xiaomi.

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac
Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan
5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android
Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp
Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia
Fenomena Makan Tabungan, Apa Itu?
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget yang Efektif dan Mudah Dilakukan
Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer