Search
Search

Cara Mengatasi Wifi Terhubung, Tapi tidak Bisa Konek di Laptop

wifi tidak bisa konek
Masafif – Wifi adalah salah satu teknologi yang sangat berguna untuk menghubungkan perangkat kita dengan internet. Namun, terkadang kita mengalami masalah wifi terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika kita sedang bekerja atau belajar online.


Penyebab Wifi tidak bisa koneksi di laptop

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan wifi terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop, seperti:

  • Masalah pada router atau modem
  • Masalah pada driver wifi laptop
  • Masalah pada pengaturan jaringan laptop
  • Masalah pada firewall atau antivirus
  • Masalah pada layanan DNS

Untuk mengatasi masalah wifi terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop, kita bisa mencoba beberapa langkah berikut:

1. Restart Router atau Modem

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah restart router atau modem yang kita gunakan untuk wifi. Caranya adalah dengan mematikan router atau modem, menunggu beberapa detik, lalu menyalakannya kembali. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada router atau modem, seperti overheat, overload, atau glitch.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Update Windows 10 yang Gagal atau Lambat dengan Mudah

2. Perbarui Driver Wifi Laptop

Langkah kedua yang bisa kita lakukan adalah memeriksa dan memperbarui driver wifi laptop. Driver wifi adalah perangkat lunak yang mengatur kinerja wifi pada laptop. Jika driver wifi tidak kompatibel, rusak, atau ketinggalan zaman, maka wifi bisa terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop.

Caranya adalah dengan membuka Device Manager, klik kanan pada wifi adapter, lalu pilih Update Driver. Pilih opsi Search automatically for updated driver software, lalu tunggu prosesnya selesai. Jika ada driver baru yang tersedia, maka driver wifi akan diperbarui secara otomatis. Jika tidak, maka driver wifi sudah yang terbaru.

3. Reset Pengaturan Jaringan Laptop

Langkah ketiga yang bisa kita lakukan adalah mereset pengaturan jaringan laptop. Pengaturan jaringan adalah kumpulan konfigurasi yang mengatur bagaimana laptop terhubung dengan jaringan, termasuk wifi. Jika pengaturan jaringan salah, maka wifi bisa terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop.

Caranya adalah dengan membuka Settings, klik Network & Internet, lalu klik Network reset. Klik Reset now, lalu klik Yes untuk mengonfirmasi. Tunggu laptop restart, lalu coba konekkan wifi lagi.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot dan Berat


4. Matikan Firewall atau Antivirus

Langkah keempat yang bisa kita lakukan adalah mematikan firewall atau antivirus yang mungkin menghalangi koneksi wifi. Firewall atau antivirus adalah perangkat lunak yang melindungi laptop dari serangan malware atau hacker. Namun, terkadang firewall atau antivirus bisa terlalu protektif dan memblokir koneksi wifi yang sebenarnya aman.

Caranya adalah dengan membuka Control Panel, klik System and Security, lalu klik Windows Defender Firewall. Klik Turn Windows Defender Firewall on or off, lalu pilih Turn off Windows Defender Firewall untuk opsi Private network settings dan Public network settings. Klik OK, lalu coba konekkan wifi lagi.

Jika kita menggunakan antivirus lain, kita bisa mematikannya dengan cara yang berbeda-beda, tergantung pada jenis antivirusnya. Biasanya, kita bisa klik kanan pada ikon antivirus di taskbar, lalu pilih Disable atau Turn off.

5. Ganti Layanan DNS

Langkah kelima yang bisa kita lakukan adalah mengganti layanan DNS yang kita gunakan. DNS adalah sistem yang mengubah nama domain menjadi alamat IP, sehingga kita bisa mengakses situs web dengan mudah. Jika layanan DNS yang kita gunakan bermasalah, maka wifi bisa terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop.

Caranya adalah dengan membuka Settings, klik Network & Internet, lalu klik Change adapter options. Klik kanan pada wifi yang kita gunakan, lalu pilih Properties. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu pilih Use the following DNS server addresses. Masukkan alamat DNS yang kita inginkan, misalnya 8.8.8.8 untuk Preferred DNS server dan 8.8.4.4 untuk Alternate DNS server. Klik OK, lalu coba konekkan wifi lagi.

Beberapa layanan DNS yang populer dan gratis adalah:

  • Google Public DNS: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Cloudflare DNS: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • OpenDNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Baca Juga : Cara Mengatasi Ghost Touch pada Hp yang Ampuh dan Mudah

Itulah beberapa cara mengatasi wifi terhubung, tapi tidak bisa konek di laptop. Semoga bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah wifi Anda. Jika Anda masih mengalami masalah wifi, Anda bisa mencoba menghubungi penyedia layanan internet Anda atau teknisi komputer profesional. 

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac

Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan

5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android

Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp

Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal

10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia

Fenomena Makan Tabungan, Apa Itu?

Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer