Search
Search

Mengenal Jenis-Jenis Website dan Fungsinya

Mengenal Jenis Website

Masafif – Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui internet. Website memiliki berbagai jenis, baik berdasarkan sifat, platform, maupun fungsinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis website dan fungsinya, serta contoh-contoh website yang populer di Indonesia.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, website dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis.

Website Statis

Website statis adalah website yang kontennya tetap atau tidak berubah. Website statis dibuat dengan menggunakan kode HTML dan CSS, dan menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang bisa melakukan update pada konten website statis. Website statis tidak membutuhkan database, karena tidak ada update konten secara berkala.

Website statis biasanya digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan informasi dasar, seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan. Contoh website statis adalah pada website company profile dan portfolio.

Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang kontennya selalu di-update secara berkala. Website dinamis menggunakan database yang biasanya hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer. Namun, website dinamis juga memungkinkan beberapa user untuk melakukan update konten tanpa mengganggu desain website.

Website dinamis lebih mudah dikelola dan lebih interaktif daripada website statis. Website dinamis biasanya digunakan untuk website yang memiliki banyak fitur dan layanan, seperti berita, e-commerce, komunitas, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Platform

Berdasarkan platformnya, website dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu CMS, website builder, dan HTML dan CSS.

CMS

CMS (Content Management System) adalah platform yang memudahkan user untuk membuat dan mengelola website tanpa harus menguasai pemrograman dan coding. CMS menyediakan berbagai template, plugin, dan fitur yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan user. CMS juga memungkinkan user untuk melakukan update konten secara mudah dan cepat.

CMS biasanya digunakan untuk website yang memiliki konten yang banyak dan sering di-update, seperti blog, e-commerce, media, dan lain-lain. Contoh CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, Drupal, dan Magento.

Website Builder

Website builder adalah platform yang memungkinkan user untuk membuat website dengan menggunakan drag and drop. Website builder menyediakan berbagai desain, tema, dan elemen yang bisa dipilih dan disusun sesuai dengan keinginan user. Website builder juga tidak memerlukan keterampilan pemrograman dan coding, sehingga cocok untuk pemula yang ingin membuat website dengan cepat dan mudah.

Website builder biasanya digunakan untuk website yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak fitur dan layanan, seperti website pribadi, portofolio, dan bisnis. Contoh website builder yang populer adalah Wix, Squarespace, Weebly, dan Shopify.

HTML dan CSS

HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website dari awal. HTML dan CSS memungkinkan user untuk membuat website sesuai dengan desain dan fungsi yang diinginkan. HTML dan CSS juga memberikan user kontrol penuh atas website yang dibuat.

Namun, HTML dan CSS memerlukan keterampilan pemrograman dan coding yang cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam membuat website. HTML dan CSS biasanya digunakan untuk website yang kompleks dan spesifik, seperti website statis, aplikasi web, dan game.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, website dapat dibedakan menjadi berbagai jenis, di antaranya adalah blog atau website pribadi, e-commerce atau toko online, website perusahaan, blog (content marketing), organisasi atau instansi pemerintah, media sharing, komunitas online, dan website berita.

Blog atau Website Pribadi

Blog atau website pribadi adalah website yang berisi informasi pribadi seseorang, seperti hobi, pengalaman, opini, dan lain-lain. Blog atau website pribadi biasanya digunakan untuk mengekspresikan diri, berbagi pengetahuan, atau menghasilkan uang dari iklan atau kerjasama. Blog atau website pribadi dapat dibuat dengan menggunakan CMS atau website builder. Contoh blog atau website pribadi adalah website Raditya Dika.

E-commerce atau Toko Online

E-commerce atau toko online adalah website yang digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online. E-commerce atau toko online memungkinkan user untuk melakukan transaksi pembelian dan pembayaran secara langsung di website. E-commerce atau toko online biasanya dibuat dengan menggunakan CMS atau website builder yang khusus untuk e-commerce. Contoh e-commerce atau toko online adalah website Shopee dan Tokopedia.

Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang dimiliki oleh perusahaan untuk memberikan informasi tentang profil, produk, layanan, dan kontak perusahaan. Website perusahaan biasanya digunakan untuk mempromosikan dan memperkenalkan perusahaan kepada publik, serta meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan. Website perusahaan dapat dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS, CMS, atau website builder. Contoh website perusahaan adalah website Gojek.

Blog (Content Marketing)

Blog (content marketing) adalah website yang berisi konten yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Blog (content marketing) biasanya digunakan untuk menarik dan menjaga minat pelanggan, serta meningkatkan trafik dan konversi website. Blog (content marketing) dapat dibuat dengan menggunakan CMS atau website builder. Contoh blog content marketing adalah blog Niagahoster dan Rumahweb.

Organisasi atau Instansi Pemerintah

Organisasi atau instansi pemerintah adalah website yang dimiliki oleh organisasi atau instansi pemerintah untuk memberikan informasi tentang visi, misi, program, kegiatan, dan layanan yang diselenggarakan oleh organisasi atau instansi tersebut. Organisasi atau instansi pemerintah biasanya digunakan untuk memberikan pelayanan publik, transparansi, dan akuntabilitas kepada masyarakat. Organisasi atau instansi pemerintah dapat dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS, CMS, atau website builder. Contoh organisasi atau instansi pemerintah adalah website Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Media Sharing

Media sharing adalah website yang digunakan untuk berbagi media, seperti foto, video, musik, dan lain-lain. Media sharing memungkinkan user untuk mengunggah, menonton, mendengarkan, dan berinteraksi dengan media yang dibagikan oleh user lain. Media sharing biasanya digunakan untuk hiburan, edukasi, atau promosi. Media sharing dapat dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS, CMS, atau website builder. Contoh media sharing adalah website YouTube.

Komunitas Online

Komunitas online adalah website yang digunakan untuk membentuk dan mengelola komunitas yang memiliki minat, hobi, atau tujuan yang sama. Komunitas online memungkinkan user untuk berkomunikasi, berdiskusi, berkolaborasi, dan berbagi informasi dengan anggota komunitas lain. Komunitas online biasanya digunakan untuk sosialisasi, belajar, atau berkontribusi. Komunitas online dapat dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS, CMS, atau website builder. Contoh komunitas online adalah website Quora.

Website Berita

Website berita adalah website yang berisi informasi terkini tentang berbagai topik, seperti politik, ekonomi, olahraga, hiburan, dan lain-lain. Website berita biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat kepada masyarakat. Website berita dapat dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS, CMS, atau website builder. Contoh website berita adalah website Detik.com.

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac
Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan
5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android
Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp
Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal
10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia
Fenomena Makan Tabungan, Apa Itu?
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget yang Efektif dan Mudah Dilakukan
Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer