Search
Search

Website Wordwall: Membuat Pembelajaran Jadi Interaktif dan Menyenangkan

wordwall

Masafif – Wordwall adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dapat digunakan oleh guru, siswa, atau siapa saja yang ingin membuat media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Wordwall menawarkan berbagai macam template yang dapat disesuaikan dengan konten dan tujuan pembelajaran, seperti kuis, memasangkan pasangan, acak kata, anagram, dan lainnya.

Wordwall juga dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat dicetak, seperti kartu flash, label gambar, teka-teki silang, dan lainnya. Wordwall dapat membantu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar peserta didik dengan cara yang mudah dan cepat.

Fitur dan Keunggulan Wordwall

Wordwall memiliki beberapa fitur dan keunggulan yang membuatnya menjadi aplikasi pembuat media pembelajaran yang populer dan banyak digunakan, di antaranya adalah:

Mudah digunakan

Wordwall memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga pengguna dapat membuat media pembelajaran dengan hanya beberapa klik dan ketik. Pengguna hanya perlu memilih template yang diinginkan, memasukkan konten yang sesuai, dan menyesuaikan tampilan dan pengaturan sesuai kebutuhan. Wordwall juga menyediakan panduan dan tutorial yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan aplikasi ini.

Bervariasi dan fleksibel

Wordwall menawarkan lebih dari 30 template yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti kuis, memasangkan pasangan, acak kata, anagram, roda acak, sortir kelompok, diagram berlabel, hangman, ubah ubin, dan lainnya.

Pengguna juga dapat mengubah template yang ada atau membuat template sendiri dengan menggunakan fitur kustom. Selain itu, Wordwall juga dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat dicetak, seperti kartu flash, label gambar, teka-teki silang, dan lainnya.

Interoperabel dan portabel

Wordwall dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone, dengan menggunakan browser web. Wordwall juga dapat diakses secara online maupun offline, sehingga pengguna dapat membuat atau menggunakan media pembelajaran kapan saja dan di mana saja.

Wordwall juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengunduh, membagikan, atau mencetak media pembelajaran yang telah dibuat dengan mudah dan cepat.

Kolaboratif dan komunitas

Wordwall memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan pengguna lain dalam membuat atau menggunakan media pembelajaran, dengan menggunakan fitur berbagi atau mengirim. Wordwall juga memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang terdiri dari jutaan pengguna dari seluruh dunia, yang saling berbagi dan memberi umpan balik tentang media pembelajaran yang telah dibuat.

Pengguna dapat menjelajahi, mencari, atau mengunduh media pembelajaran yang telah dibuat oleh pengguna lain, atau berkontribusi dengan mengunggah media pembelajaran yang telah dibuat sendiri.

Cara Menggunakan Wordwall

Untuk menggunakan Wordwall, pengguna perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Mendaftar akun: Pengguna perlu mendaftar akun di website Wordwall¹ dengan menggunakan alamat email, akun Google, atau akun Microsoft. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan akun gratis atau berbayar, yang memiliki fitur dan fasilitas yang berbeda. Akun gratis memungkinkan pengguna untuk membuat hingga 5 media pembelajaran interaktif dan tak terbatas media pembelajaran cetak per bulan, sedangkan akun berbayar memungkinkan pengguna untuk membuat media pembelajaran interaktif dan cetak tanpa batas, serta mendapatkan akses ke fitur kustom, berbagi, dan mengirim.
  • Memilih template: Setelah mendaftar akun, pengguna dapat memilih template yang diinginkan dari daftar yang tersedia, atau membuat template sendiri dengan menggunakan fitur kustom. Pengguna dapat melihat contoh atau deskripsi dari setiap template sebelum memilihnya.
  • Memasukkan konten: Setelah memilih template, pengguna dapat memasukkan konten yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, seperti pertanyaan, jawaban, kata, gambar, atau teks. Pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan dan pengaturan dari media pembelajaran, seperti warna, ukuran, font, suara, waktu, skor, atau kesulitan.
  • Menyimpan, mengunduh, membagikan, atau mencetak: Setelah memasukkan konten, pengguna dapat menyimpan media pembelajaran yang telah dibuat di akun Wordwall, mengunduhnya dalam format yang diinginkan, membagikannya dengan pengguna lain melalui kode, tautan, atau email, atau mencetaknya dalam bentuk kertas.

Contoh Pemanfaatan Wordwall

Wordwall dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa, atau siapa saja yang ingin membuat media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, untuk berbagai tujuan dan bidang, seperti:

  • Bahasa: Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa, seperti kosakata, tata bahasa, ejaan, pengucapan, atau pemahaman. Contohnya adalah kuis, memasangkan pasangan, acak kata, anagram, hangman, atau label gambar.
  • Matematika: Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berhitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pecahan, persamaan, atau geometri. Contohnya adalah kuis, memasangkan pasangan, roda acak, sortir kelompok, diagram berlabel, atau ubah ubin.
  • Sains: Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan ilmiah, seperti konsep, proses, eksperimen, atau fenomena. Contohnya adalah kuis, memasangkan pasangan, roda acak, sortir kelompok, diagram berlabel, atau ubah ubin.
  • Sosial: Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan sosial, seperti sejarah, geografi, budaya, atau kewarganegaraan. Contohnya adalah kuis, memasangkan pasangan, roda acak, sortir kelompok, diagram berlabel, atau ubah ubin.
  • Seni: Wordwall dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan seni, seperti musik, seni rupa, drama, atau tari. Contohnya adalah kuis, memasangkan pasangan, roda acak, sortir kelompok, diagram berlabel, atau ubah ubin.

Wordwall adalah sebuah aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Wordwall menawarkan berbagai macam template yang dapat disesuaikan dengan konten dan tujuan pembelajaran, serta dapat digunakan secara online maupun offline, di berbagai perangkat, dan dapat disimpan, diunduh, dibagikan, atau dicetak. Wordwall dapat membantu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar peserta didik dengan cara yang mudah dan cepat.

 

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Postingan Lainnya

iOS 18 Resmi Dibekali AI (Apple Intelligence) Era Baru Kecerdasan di iPhone, iPad, dan Mac

Oppo A60 - Smartphone dengan Performa Maksimal dan Desain Elegan

5 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Hp Android

Cara Mudah dan Seru Bikin Stiker AI di WhatsApp

Perbedaan Harddisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Tips Merawat Baterai Motor Listrik untuk Performa Maksimal

10 Contoh Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari yang Mengubah Dunia

Scroll to Top

Kebijakan Privasi  •  Persyaratan Layanan  •  Peta Situs 

Artikel Populer